Friday, April 19, 2024

Rejang Lebong Cetak 360 Hektare Sawah Baru

Sumber: Antara news | Minggu, 8 Januari 2017 22:32 WIB

 


 

Rejang Lebong (Antara) - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan melakukan penambahan areal persawahan melalui program pencetakan sawah baru seluas 360 hektare.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Akhmad Rifai di Rejang Lebong, Minggu menjelaskan program pencetakan sawah baru tersebut merupakan pengganti kegiatan serupa pada 2016 yang gagal dilaksanakan karena adanya permasalahan pada lahan yang akan digarap.

"Program pencetakan sawah baru ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat, dimana pelaksananya adalah pihak TNI dengan luasan 360 hektare yang tersebar dalam enam kecamatan," katanya.

Enam kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kota Padang, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Sindang Kelingi dan Kecamatan Bermani Ulu Raya, serta Kecamatan Selupu Rejang.

Pelaksanaan program cetak sawah baru ini tambah dia, akan dilaksanakan pihak TNI yaitu Kodim 0409 Rejang Lebong dengan total anggaran yang disiapkan Kementerian Pertanian mencapai Rp5,7 miliar atau Rp16 juta per hektar.

Besaran anggaran biaya cetak sawah per hektare tersebut selain untuk pembukaan sawah baru termasuk pembuatan irigasi pendukung pertanian, sehingga sawah yang dibuka ini bisa langsung dimanfaatkan oleh petani masing-masing kecamatan penerima bantuan.

Proses pengerjaan pencetakan sawah baru tersebut, diperkirakan baru dilaksanakan Juli mendatang, namun untuk survei investigasi masing-masing lokasi sudah dilaksanakan sejak awal 2017. Sedangkan untuk penyusunan desain baru akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini oleh Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu. 

Diharapkan pencetakan sawah baru ini nantinya dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menambah luasan sawah di Rejang Lebong yang saat ini baru berkisar 10.014 hektare.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

 

Rumah Aspirasi SMB (Susi Marleny Bachsin)
Jl. Sadang Raya No.18 RT.09 RW.03
Kel.Lingkar Barat Kec. Gading Cempaka Kota Bengkulu
Email. donnabachsin2128@gmail.com
Copyright © 2012 - SMBachsin.com