Wednesday, November 13, 2019

Gerindra BerKomitmen Bangun Desa

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mendeklarasikan komitmen Partai Gerindra untuk membangun desa. “Kami sudah putuskan dan ini menjadi komitmen Partai Gerindra. Manakala Partai Gerindra diberi kepercayaan untuk memimpin pemerintahan Indonesia pada tahun 2014, Partai Gerindra berkomitmen untuk mengalokasikan dana langsung minimal sebesar Rp 1 miliar setiap desa dalam satu tahun,” katanya.

Komitmen Partai Gerindra untuk membangun desa itu dideklarasikan di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Jalan Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu 26 Oktober 2013. Hadir pada acara deklarasi itu ketua umum dan sekretaris dari berbagai organisasi seperti Apdesi (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia), PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia), AKD (Asosiasi Kepala Desa), Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara), HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia), KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia), INKUD (Induk Koperasi Unit Desa), serta Ketua Umum Partai Gerindra, Prof. Dr. Suhardi, Wakil Ketua Umum Fadli Zon, Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani, dan jajaran pengurus DPP Partai Gerindra lainnya.

Menurut Prabowo Subianto, Dewan Pakar Partai Gerindra sudah mengkaji kapasitas ekonomi nasional dan struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) beberapa tahun terakhir dan menyimpulkan bahwa Indonesia mempunyai kapasitas untuk mempercepat pembangunan ekonomi di pedesaan dengan menyalurkan secara langsung dana APBN ke desa dan organisasiorganisasi yang menggerakkan ekonomi rakyat seperti koperasi unit desa, koperasi tani dan nelayan, dan koperasi pasar. “Kami berkomitmen dana itu akan langsung ke desa. Penggunaan dana itu kita serahkan kepada masyarakat desa melalui musyawarah desa,” katanya.

Prabowo menambahkan, komitmen ini merupakan satu keputusan yang strategis dan mengikat Partai Gerindra. “Kami tidak meminta apa-apa. Pada saatnya nanti, masyarakat desa bisa menuntut kepada Partai Gerindra seandainya kami yang mendapat mandat dari rakyat untuk memimpin negeri ini. Deklarasi ini menjadi pegangan dan kita akan sampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia,” ucap putra Begawan Ekonomi Sumitro Djojohadikusumo itu.

Prabowo menilai, struktur ekonomi Indonesia saat ini tidak seimbang dan tidak adil. Sebagian besar rakyat Indonesia tinggal di pedesaan, tetapi 60% uang seluruh Indonesia beredar di ibu kota. “Kita harus berani mengubah struktur ekonomi ini. Sumber daya ekonomi bangsa Indonesia harus dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia, tidak hanya dinikmati segelintir orang Indonesia saja,” tegasnya.

Komitmen Partai Gerindra membangun desa, lanjut Prabowo Subianto, merupakan wujud nyata dari komitmen pada UUD 1945. Yaitu, seluruh rakyat Indonesia merasakan pertumbuhan ekonomi. “Kalau rakyat di pedesaan mempunyai daya beli, maka dengan daya beli yang meningkat akan ada kenaikan permintaan. Jika permintaan naik berarti pertumbuhan (ekonomi) meningkat. Ini berarti seluruh ekonomi di pedesaan akan tumbuh dengan pesat,” katanya. “Ini adalah strategi Partai Gerindra untuk mempercepat pembangunan desa dan untuk mengalirkan kembali sumber ekonomi kepada sebagian besar rakyat kita yang berada di pedesaan,” tutupnya. Budi Sucahyo (Sumber: GIR Nov-2013)

 

 

Sekretariat DPD Partai Gerindra Bengkulu
Jl. Raden Patah No.7, RT 09 Kelurahan Pagar Dewa, Bengkulu
Email. donnabachsin2128@gmail.com
Copyright © 2012 - SMBachsin.com